Brazil Mendominasi Copa Amerika

Brazil Mendominasi Copa Amerika dalam Sepak Bola

Brazil Mendominasi copa Amerika dalam sepak bola. Versi kesembilan dari Copa America Wanita, yang saat ini berlangsung dan diselenggarakan oleh Kolombia , adalah versi terbesar dari kompetisi sejauh ini, prestisenya disorot oleh kunjungan minggu lalu dari presiden FIFA Gianni Infantino. Dan dengan kompetisi yang sekarang direncanakan akan dipentaskan setiap dua tahun, bukannya empat, ada harapan standar akan terus meningkat.

Namun salah satu masalah permainan sepak bola putri di Amerika Selatan terlihat jelas dari fase grup: Brasil masih berada di level yang berbeda dari yang lain. Brasil telah memenangkan tujuh dari delapan edisi Copa América Femenina sebelumnya . Satu-satunya yang lolos adalah pada 2006, ketika Argentina menang di kandang sendiri.

Setelah ketangguhan pertahanan yang ditunjukkan Argentina di Piala Dunia lalu, bisakah mereka mendorong Brasil dengan keras kali ini? Mereka mungkin bertemu lagi di final, tetapi mereka pasti tidak bisa hidup bersama Brasil di fase grup. Kedua tim bertemu di babak pembukaan, dan Brasil hampir tidak perlu berkeringat untuk menang 4-0.

Setelah itu, hampir sama untuk Brasil tiga kemenangan meyakinkan lagi, tidak kebobolan satu gol pun dan lawan tidak mampu menahannya. Brasil mengakhiri fase grup dengan 17 gol untuk dan tidak ada yang kebobolan.

Di satu sisi, tentu saja ini merupakan kabar baik bagi Brasil karena mereka mempersiapkan tim untuk Piala Dunia 2023 di Australia dan Selandia Baru tahun depan diikuti oleh Olimpiade Paris pada 2024. Untuk pertama kalinya dalam bertahun-tahun mereka tanpa dari trio terkenal mereka — gelandang Formiga, yang telah pensiun; striker Cristaine, yang dikeluarkan dari skuad; dan playmaker legendaris Marta, yang cedera.

Bagaimana Brazil mendominasi Copa Amerika dalam Sepak Bola?

Dengan investasi yang terlambat terjadi dalam permainan domestik, generasi baru memiliki kesempatan untuk membuat nama untuk dirinya sendiri, dan Copa ini, setidaknya sejauh ini, merupakan latihan peningkatan moral yang luar biasa.  Patut diingat bahwa sesaat sebelum turnamen, Brasil kalah dalam pertandingan persahabatan pemanasan melawan Denmark dan Swedia.

Brasil belum pernah menghadapi tekanan serupa di Copa — dan ini sepertinya tidak akan berubah di semifinal. Menjelang semifinal hari Selasa, Brasil adalah favorit terkuat melawan Paraguay, mungkin sisi kejutan terbesar dari turnamen tahun ini. Empat tim Amerika Selatan belum pernah mencapai Piala Dunia atau Olimpiade, dan Paraguay adalah salah satunya.  Itu sekarang bisa berubah. Paraguay secara mengejutkan menyelesaikan grup mereka di tempat kedua, di depan Chili yang berperingkat tinggi dan lebih berpengalaman – pertandingan di antara mereka adalah pertemuan dramatis yang dimenangkan Paraguay 3-2 setelah memiliki keunggulan dua gol untuk sebagian besar pertandingan.

Paraguay sekarang dijamin kesempatan untuk pergi ke Piala Dunia. Tiga tim teratas lolos secara otomatis, dengan tim keempat dan kelima masuk ke playoff kontinental, dan Paraguay bisa finis tidak lebih rendah dari keempat. Kemenangan melawan Brasil sangat tidak mungkin bagi Paraguay. Kemungkinan adalah bahwa pertandingan besar Paraguay akan menjadi playoff untuk tempat ketiga pada hari Jumat.

Jarang ada begitu banyak yang naik di playoff dalam sepak bola tempat ketiga. Namun pertandingan terbesar dan paling kompetitif sejauh ini mungkin pertandingan terbesar di seluruh turnamen adalah semifinal pembukaan senin antara Argentina dan Kolombia Jika Argentina pernah menggunakan keunggulan kandang untuk memenangkan gelar, maka Kolombia berharap hal yang sama dapat berlaku untuk mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *