Lima Pemain Mendobrak Hambatan Rasial!

Lima Pemain Mendobrak Hambatan Rasial! Netflix telah menugaskan Julian Fellowes , pencipta drama periode sejarah pemenang penghargaan Downton Abbey, untuk menulis serial TV baru yang mengeksplorasi perkembangan awal sepak bola modern dan bagaimana penciptaannya “mencapai lintas kelas” ketika Etonians dan pekerja pabrik berkumpul untuk menciptakan olahraga paling populer di dunia.

Asal usul dan sejarah awal asosiasi sepak bola tentu penuh dengan nama-nama bergengsi dan karakter warna-warni. Orang-orang seperti Charles William Alcock , pedagang kapal Sunderland yang menemukan Piala FA, dan William McGregor, yang mengelola toko draper dan mendirikan Football League pada tahun 1888 dengan klubnya Aston Villa.

Profesional Pertama Lima Pemain Mendobrak Hambatan

Arthur Wharton diterima secara luas sebagai pemain sepak bola profesional non-Kaukasia pertama di dunia setelah ia tampil untuk Rotherham United pada tahun 1889. Lahir di Jamestown, Gold Coast (sekarang Ghana), ia adalah atlet serba bisa yang terkenal karena “ pukulan luar biasa ”

ketika bermain untuk menyamai rekor dunia dan sebagai penjaga gawang amatir 10 detik untuk sprint 100 yard. Wharton bermain untuk banyak klub baik sebagai amatir dan profesional, termasuk Preston North End, Sheffield United dan Darlington, sebelum pensiun pada tahun 1902.

Bagaimana Lima Sepak Bola Dikenal Mendobrak Hambatan Rasial?

Pahlawan Perang

Orang non-Kaukasia kedua yang bermain di Football League adalah Walter Tull . Penyerang dalam menandatangani kontrak dengan Tottenham Hotspur pada tahun 1909 dan berpartisipasi dalam tur klub di Amerika Selatan sebelum bergabung dengan Northampton Town pada tahun 1911.

Namun pecahnya Perang Dunia Pertama membuat Tull mendaftar di tentara Inggris di mana ia naik ke pangkat letnan dua. pada tahun 1917, menjadi perwira kulit berwarna pertama meskipun peraturan militer kontemporer melarangnya, sebelum dibunuh di Prancis utara pada tahun 1918.

Insinyur Mesir Lima Pemain Mendobrak Hambatan

Hassan Hegazi menjadi orang Mesir pertama yang tampil di Football League ketika ia melakukan debutnya untuk Fulham pada tahun 1911 . Dia tiba di London untuk belajar teknik tetapi telah mendapatkan reputasi sebagai striker berbakat saat bermain untuk tim amatir Dulwich Hamlet, menarik minat klub profesional lokal.

Namun, meskipun mencetak gol pada debutnya untuk Fulham (menang 3-1 melawan Stockport County) dan diminta untuk bermain minggu berikutnya, Hegazi memilih untuk kembali ke sepak bola amatir dengan Dulwich sehingga dia bisa fokus pada studinya.

Pemain Sayap Bertelanjang Kaki

Mohammed Abdul Salim Bachi Khan, juga dikenal sebagai Mohammed Salim, adalah seorang pemain sayap India yang tiba di Inggris pada tahun 1936 setelah memenangkan lima gelar Liga Sepak Bola Calcutta berturut-turut dengan Mohammedan SC di tanah kelahirannya.

Meskipun hanya membuat dua penampilan resmi untuk tim cadangan Glasgow Celtic, kehadirannya menarik banyak minat publik karena ia akan bermain dengan kaki telanjang yang dibalut perban daripada sepatu bot.

Perintis Inggris

Berlawanan dengan kepercayaan populer, pemain non-Kaukasia pertama yang mewakili tim nasional Inggris adalah bek tengah Stoke City, Frank Soo pada tahun 1942 – berbeda dengan Viv Anderson yang melakukan debutnya tiga dekade kemudian pada tahun 1978.

Para pemain ini harus memainkan peran penting dalam pemahaman kita tentang sejarah permainan dan masyarakat luas. Prestasi dan pencapaian mereka – di samping hambatan dan tantangan rasial yang mereka hadapi – layak untuk diakui. Inilah Artikel Sepak Bola

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *