Manfaat Bola Basket untuk Kesehatan

Manfaat Bola Basket untuk Kesehatan

Manfaat Bola Basket untuk Kesehatan. Bola basket pertama kali diciptakan oleh Dr. James A. Naismith di Amerika Serikat pada tahun 1891. Sejak saat itu, olahraga ini terus berkembang hingga menjadi bentuk modern seperti sekarang ini.

Bermain bola basket memberikan banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Mulai dari memperkuat tulang dan otot, mengatasi stres, hingga menjaga stabilitas tubuh. Ditambah lagi, olahraga ini bisa dimainkan oleh semua kelompok umur.

Apa Saja Manfaat bermain bola basket untuk kesehatan fisik dan mental?

Bola basket, apakah itu menembak, menggiring bola, atau berputar melibatkan gerakan cepat untuk menyerang dan bermain bertahan. Dari gerakan-gerakan tersebut Anda bisa mendapatkan manfaat bermain bola basket untuk kesehatan.

Memperkuat daya tahan otot

Bermain bola basket membutuhkan kecepatan, stamina, dan kekuatan. Setiap pemain bergerak cepat. Dalam setiap gerakannya, olahraga bola basket ini juga membutuhkan daya tahan otot.

Maka tak heran jika daya tahan otot bisa meningkat saat bermain basket. Ditambah lagi, stamina dan performa fisik tubuh bisa mendapatkan manfaat yang sama jika rutin bermain basket.

Meningkatkan kesehatan tulang

Sebuah penelitian membuktikan, bermain basket atau olahraga tim memiliki efek positif pada kekuatan tulang. Dalam penelitian tersebut terbukti bahwa atlet yang suka bermain basket atau sepak bola memiliki kepadatan tulang yang lebih kuat, dibandingkan dengan orang yang kurang aktif.

Koordinasi dan stabilitas tubuh

Bermain basket menuntut Anda untuk menjaga koordinasi dan stabilitas tubuh dalam setiap gerakannya. Saat bermain basket, Anda harus menggerakkan tubuh dengan cepat untuk menggunakan dan mengubah arah tubuh.

Ditambah lagi, bermain basket menuntut Anda untuk menggunakan keterampilan motorik, seperti melempar, mengoper, dan membawa bola. Jika skill ini terus diasah, kemampuan Anda dalam mengkoordinasikan dan mengamati tubuh juga akan meningkat.

Menjaga kesehatan jantung

Bermain bola basket dengan intensitas tinggi akan membuat jantung Anda berdetak lebih cepat. Itulah mengapa bola basket dikatakan baik untuk kesehatan jantung.
Menurut sebuah penelitian, gerakan fisik yang membuat jantung berdebar dapat mencegah stroke dan penyakit jantung lainnya di usia tua.

Membakar kalori

Ingin membakar lebih banyak kalori? Suka bermain basket. Setiap jenis gerakan dalam bola basket, seperti berlari dan berlari, dapat membantu Anda membakar lebih banyak kalori.

Bayangkan saja, bermain basket selama satu jam dapat membakar 600 kalori pada seseorang dengan berat badan 75 kilogram. Sedangkan orang dengan berat 113 kilogram bisa membakar 900 kalori dengan bermain basket selama satu jam.

Menjaga komposisi tubuh

Dalam sebuah penelitian, peneliti menemukan bahwa bermain bola basket memiliki dampak positif pada komposisi tubuh. Dalam penelitian tersebut, partisipan yang jarang bermain basket, menjalani pelatihan basket selama 3 bulan.

Di akhir penelitian, para partisipan mengalami peningkatan massa tubuh dan penurunan kadar lemak tubuh.

Kembangkan rasa percaya diri

Ketika terlibat dalam olahraga bola basket, anggota tim lainnya dapat saling memotivasi dan mendukung. Mereka juga dapat menunjukkan kekurangan dalam gaya bermain bola basket Anda. Hal-hal tersebut dipercaya dapat menumbuhkan rasa percaya diri.

Apalagi jika Anda berhasil memenangkan pertandingan basket bersama rekan satu tim. Yang pasti, ini bisa meningkatkan kepercayaan diri di luar lapangan.

Meredakan stres

Manfaat bermain sepak bola juga bisa menghilangkan stres. Bermain basket atau aktivitas fisik lainnya dapat meningkatkan endorfin alias hormon kebahagiaan. Endorfin dapat meningkatkan perasaan senang, membuat tubuh rileks, dan mengurangi rasa sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published.