Tujuan dan Manfaat Permainan Bola Basket

Tujuan dan Manfaat Permainan Bola Basket

Tujuan dan Manfaat Permainan Bola Basket. Salah satu permainan olahraga paling populer di dunia adalah bola basket. Seperti yang kita ketahui bahwa bola basket adalah permainan yang dimainkan oleh dua tim. Setiap tim memiliki 5 pemain inti.

Perbedaan antara bola basket dan olahraga lainnya adalah bola basket tidak memiliki hak khusus seperti sepak bola. Dalam sepak bola ada penjaga gawang yang menjaga gawang. Sedangkan di basket tidak ada.

Apa Tujuan dan Manfaat Permainan Bola Basket?

Bola basket merupakan olahraga yang cocok dimainkan di dalam maupun di luar lapangan. Istilah ini umum dengan indoor dan outdoor. Selain lapangan yang tidak perlu terlalu luas, permainan ini juga relatif lebih cepat dari bola atau sepak bola. Sepak bola membutuhkan waktu yang lama, sedangkan bola ditentukan oleh poin yang masuk.

Bola basket ditentukan dengan waktu yang dibutuhkan hanya 40 menit. Setiap 10 menit ada waktu untuk istirahat. Jadi keranjang bola tidak membutuhkan waktu yang lama.

Tujuan Permainan Bola Basket

Permainan memiliki tujuan dan manfaat yang sangat luar biasa bagi tubuh kita. Terutama dalam menjaga bentuk tubuh kita. Maka tidak heran jika atlet bola basket memiliki tubuh yang ideal dan tubuh yang sehat.

Selain bertujuan untuk menyehatkan tubuh, bola basket juga ditujukan untuk kompetisi. Dengan demikian, seseorang dapat menemukan prestasi dan bakatnya di bidang olahraga, khususnya basket.

Manfaat Bermain Bola Basket Tujuan dan Manfaat

Bermain basket juga memiliki banyak manfaat untuk menjaga tubuh tetap bugar dan bugar. Manfaat tersebut antara lain sebagai berikut.

Menjaga Daya Tahan Tubuh.

Saat kita bermain basket, otomatis akan membuat kita banyak bergerak. Semakin banyak gerakan yang kita lakukan, semakin kita akan terbiasa dengan gerakan tersebut.

Sehingga dengan gerakan yang kita lakukan akan membuat tubuh menjadi kuat dan akan berpengaruh pada daya tahan tubuh. Semakin banyak Anda bermain bola basket, semakin baik sistem kekebalan tubuh Anda.

Melatih otot-otot tubuh Tujuan dan Manfaat

Bola basket adalah permainan yang menggerakkan seluruh tubuh. Baik itu kaki, kepala, tangan atau otot yang kita miliki. Dengan banyaknya gerakan saat bermain bola, otomatis akan melatih otot kita menjadi lebih kuat, terutama saat melempar bola ke ring.

Meningkatkan keterampilan motorik

Seperti pada pembahasan sebelumnya, bermain bola basket dapat menggerakkan seluruh tubuh sehingga secara otomatis akan meningkatkan saraf motorik.

Mempertahankan daya imun tubuh

Selain buah-buahan yang dapat mengoptimalkan sistem imun tubuh. Namun, ketika kita bermain basket, itu akan meningkatkan kekebalan tubuh kita. Latihan ini akan dapat mencegah virus dan bakteri patogen masuk ke dalam tubuh kita.

Membangun koordinasi dan keseimbangan tubuh

Bola basket adalah permainan yang melibatkan tangan, kaki dan mata. Dilihat dari anggota badan, jelas membutuhkan koordinasi yang baik antar anggota badan.

Semakin banyak Anda melatih keterampilan antara kaki, tangan, dan mata Anda, semakin Anda akan membangun keseimbangan sehingga Anda dapat memainkan permainan dengan baik dan benar.

Menurunkan berat badan Tujuan dan Manfaat

Salah satu langkah untuk membuat tubuh kita diet adalah basket. Olahraga ini bisa membakar kalori sekitar 700-750. Dengan pembakaran kalori tersebut akan membuang kelebihan lemak dalam tubuh.

Membentuk tubuh ideal

Seperti pada pembahasan sebelumnya, bola basket merupakan olahraga yang bisa membakar kalori. Maka tak heran jika olahraga ini akan memberikan bentuk tubuh yang ideal.

Badan menjadi lebih tinggi Tujuan dan Manfaat

Manfaat ini sudah tidak asing lagi bagi kita karena rata-rata pemain basket memiliki tubuh yang tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.