VAR Mengubah Proses Pertandingan Bola

VAR Mengubah Proses Pertandingan Bola

VAR Mengubah Proses Pertandingan Bola – Gol dianulir Gabriel Jesus di Liga Utama Inggris, antara klubnya Manchester City dan Spurs. Ketika keputusan handball kontroversial diberikan oleh sistem video asisten wasit (VAR) telah memicu perdebatan sengit tentang penggunaan teknologi.

Undang-undang sepak bola diubah pada Maret 2019 sebagian karena penggunaan VAR. Aturan baru mengatakan bola tangan yang memberi keuntungan kepada pemain, jika memegang bola akan dihukum.

Bahkan jika tidak disengaja. Sebelumnya undang-undang telah memberikan wasit keleluasaan untuk memutuskan apakah handball itu disengaja. Penggunaan teknologi secara efektif dapat menghilangkan kemampuan pejabat untuk menggunakan kebijaksanaan mereka.

Bola tangan Jesus adalah salah satu dari situasi itu. VAR telah menjadi topik pembicaraan besar di sepak bola papan atas setelah pemain City yang sama memiliki gol yang dianulir di minggu pertama ketika timnya menghadapi West Ham, kali ini karena keputusan offside yang kecil.

Hal ini menyebabkan pembuat undang-undang sepak bola untuk meninjau pendekatan yang diambil untuk keputusan offside. Wasit harus menyebut offside hanya jika ada “kesalahan yang jelas“. Dan ada pertanyaan tentang apakah teknologinya cukup akurat untuk dapat mengukur offside hingga tingkat seperti itu.

Sepak bola mengikuti tren olahraga lain yang sudah mengadopsi teknologi. Liga Rugby menyediakan video wasit pada tahun 1996. Cricket termasuk sistem pelacakan bola Hawk-eye dari tahun 2001. Rugby union memperkenalkan Television Match Official (TMO) pada tahun 2001.

Dan tenis mulai menggunakan Hawk-eye pada tahun 2002 untuk menilai panggilan telepon. Pengenalan teknologi apa pun dapat berarti bahwa pengalaman penonton berubah dan tidak selalu menjadi lebih baik. Teknologi mengurangi kesalahan, yang sangat penting dalam kontes olahraga uang besar saat ini.

Tapi itu juga berarti sebuah gol bisa dicetak, dirayakan dan kemudian dianulir, artinya penonton di stadion tidak bertindak secara spontan. Alih-alih bisa melompat-lompat dengan gembira saat timnya mencetak gol atau mencetak gol, mereka harus menunggu teknologi. Hanya saja tidak sama.

Mengapa Teknologi VAR dapat Mengubah Proses Pertandingan Sepak Bola?

Penonton sering tidak tahu apa yang terjadi di lapangan saat VAR digunakan. Penggunaan layar lebar di stadion untuk memutar ulang keputusan VAR telah disetujui untuk musim Liga Premier 2019-2020, menampilkan insiden tersebut kepada pendukung untuk membantu mereka memahami apa yang sedang terjadi.

Tetapi kritik terhadap proses terus berlanjut dan masih harus diputuskan apakah penonton harus diperlihatkan seluruh proses pengambilan keputusan VAR. Penonton Sepak Bola yang berada Di rumah mendapatkan manfaat dari VAR.

Ada lebih banyak sudut kamera, gambar lebih tajam, dan manfaat dari tinjauan VAR apa pun segera dikomunikasikan dan dijelaskan. Seperti yang dicatat oleh BBC, orang-orang mulai bertanya-tanya apakah lebih baik menghemat uang dan tinggal di rumah untuk menonton televisi. Itu akan menjadi bencana.

Perubahan interpretasi hukum antar negara dapat mengubah perilaku baik ofisial maupun pemain. Ada juga insiden perilaku pemain yang memengaruhi penghapusan teknologi. Hotspot adalah sistem pencitraan inframerah yang digunakan untuk menunjukkan apakah bola telah mengenai batsmen, bat atau pad.

Tapi itu dikeluarkan setelah ditunjukkan bahwa menempatkan pita di sepanjang tepi kelelawar dapat mengelabui kamera pencitraan termal yang ada di sana untuk mendeteksi panas yang diciptakan oleh gesekan saat bola mengenai kelelawar, tidak peduli seberapa kecilnya. Itulah yang menyebabkan teknologi VAR mengubah permainan Sepak Bola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *